Pages

Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Translate

About Me

Blog Archive

Selasa, 04 Februari 2014

Manfaat Jahe

JAHE
            Kerabat empon-empon yang paling banyak dibudidayakan adalah Jahe. Orang Indonesia mengenal tanaman Jahe (Zingiber Officinale Rosc) dengan aneka sebutan. Misalnya halia (Aceh), bahing (Batak Karo), jahi (Lampung), sipadeh atau sipodeh (Sumatera Barat), jae (Jawa), jahe (Sunda), jhai (Madura), pese (Bugis), dan lali (Irian).
A. SOSOK TANAMAN
            Jahe tumbuh tegak dan merumpun. Daunnya berbentuk langsing membulat dengan ujung melancip, warna hijau tua dengan pertulangan daun berwarna lebih muda yang terlihat jelas. Pertumbuhan daun menyirip berseling.
B.BUDI DAYA
            Jahe tersebar luas di kawasan Asia Selatan. Tanah yang disukainya adalah tanah gembur,subur,dan cukup mendapat sinar matahari sedangkan kawasan yang dapat ditanami jahe yaitu di dataran rendah hingga dataran berketinggian 1.750 m dari permukaan laut. Namun, pertumbuhan jahe akan optimal pada daerah dengan ketinggian 200 – 600 m dari permukaan laut.
            Jahe dapat diperbanyak dengan memisahkan anakan atau dengan menanam rimpangnya. Jahe memiliki kemungkinan terserang layu bakteri. Penyakit ini mengakibatkan kegagalan panen. Hama lain yang berbahaya bagi jahe ialah  Mimegralla coeruleifrons macquart. Serangan berat mengakibatkan tanaman layu dan kering.
            Panen jahe dapat dilakukan pada saat tanaman berumur 5 – 10 bulan. Jahe dapat dipasarkan dalam bentuk berkulit atau tanpa kulit.
C.MANFAAT DAN KHASIATNYA
            Jahe biasanya dipergunakan sebagai bumbu dapur,namun jahe juga bisa diolah menjadi minuman penyegar atau permen. Rimpang muda dan tunas muda jahe dapat dimanfaatkan sebagai bahan lalap. Minyak jahe digunakan untuk aromatikum dll. Adapun aneka khasiat jahe untuk kesehatan manusia antara lain :
ü  Mengobati eksim
Parut lobak        Tambah dengan air jahe        Oleskan ramuan ini pada kulit yang terkena eksim.
ü  Mengurangi gangguan rematik
Panaskan rimpang jahe        Ditumbuk         Tempelkan tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang sakit.
ü  Menyembuhkan syaraf muka yang sakit
Parut umbi kentang        Tambahkan tepung terigu,bubuk jahe,dan sedikit air hangat        Gunakan ramuan ini sebagai masker dengan ditempelkan ke bagian muka yang sakit.
ü  Mengobati lecet, luka karena tikaman benda tajam, terkena duri, jatuh, atau karena gigitan ular
Tumbuk rimpang jahe merah         Tambahkan sedikit garam        Tempelkan bahan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.
ü  Membuang angin dan menghangatkan tubuh
Parut rimpang jahe        Campur dengan air dan masak hingga mendidih       Diminum selagi masih hangat dengan gula aren.

ü  Khasiat lain
Jahe dipercaya mampu menambah nafsu makan, memperkuat lambung, menyembuhkan sesak dada, dan memperbaiki nafsu makan.


0 komentar:

Posting Komentar