Pages

Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Translate

About Me

Selasa, 28 Januari 2014

Contoh Resensi Buku Pengetahuan Populer


Nih ada contoh resensi buku pengetahuan populer..
semoga membantu ya :)





LEBIH JAUH MENGENAL PANTAI
 



Judul buku :
Pantai dan Kehidupannya
Penulis :
Edy Karsono
Penerbit :
PT. Indahjaya Adipratama
Tahun terbit :
Cetakan pertama 1996
Cetakan kedua 1997

Tebal buku :
64  halaman
Ukuran dan jenis huruf :
11 point, Palatino
Jenis dan berat kertas :
HVS 70 gram/m2
No ISBN :
979-9126-01-0

      Pantai,bagi kebanyakan orang pantai merupakan tempat yang paling menyenangkan untuk berlibur.Namun tidak banyak yang tahu seluk-beluk tentang pantai dan kehidupan di dalamnya. Lewat buku yang berjudul “Pantai dan Kehidupannya” ini  Edy Karsono selaku penulis buku tersebut memaparkan dengan jelas tentang kehidupan di pantai. Tujuan lain penulisan buku ini yang memang dikhususkan untuk pelajar oleh Edy adalah ingin mengembangkan minat baca anak-anak di dalam waktu senggangnya dengan banyak membaca buku bermutu dengan kata lain membaca buku-buku pengetahuan.

     Buku ini memang sangat tepat untuk dibaca pelajar. Karena, didalamnya berisi banyak hal yang orang awam atau pelajar tidak tahu. Contonya saja jenis-jenis pantai,ternyata selain pantai berpasir dan pantai berlumpur masih ada jenis pantai yang lain yaitu pantai koral dan pantai berbatu. Pantai koral terbentuk akibat aktivitas makhluk air yang melakukan penghancuran terhadap kerang,dan lama-kelamaan membentuk pantai koral sedangkan pantai berbatu terbentuk akibat hembasan ombak.


      Selain itu, di buku ini juga di jelaskan mengenai kehidupan yang ada di dalam laut khususnya kehidupan hewan-hewan laut.Antara lain hewan perperisai, hewan berduri, hewan berumah,serangga pantai,burung pantai ,mamalia, hewan yang menyerupai tumbuhan dan masih banyak lagi.


      Dalam bab hewan yang menyerupai tumbuhan dijelaskan,ternyata bunga karang yang selama ini banyak orang kira  tumbuhan ternyata hewan. Dan hal tersebut menjadi salah satu daya tarik buku ini.


     Banyak sekali pengetahuan yang dapat diketahui setelah membaca buku ini khususnya pengetahuan tentang kehidupan di pantai tentunya. Mulai dari cara hewan terseburt mempertahankan diri dan mencari mangsa,cara bernapas,bentuk tubuh dam masih banyak lagi. Keunggulan dari buku ini,selain isinya yang lengkap adalah bahasa yang digunakan komunikatif sehingga memudahkan pembaca untuk memahami maksudnya,kemudian buku ini juga dilengkapi dengan gambar,namun sayang sekali karena gambar yang ada di buku ini berwarna hitam putih sehingga kurang jelas dan kurang menarik minat baca ditambah lagi gambar sampulnyapun juga kurang menarik,hal tersebut semakin membuat orang malas membacanya.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

wah keren sekali contoh resensi bukunya

Unknown mengatakan...

makasih banyak kak post-nya sangat membantu tugas sekolah saya:)

YESKIYEL mengatakan...

wahh sangat membantuku dalam belajar :) Terimaksih banyak..... Kunjungi juga ya blogku : yeskiyeladi.blogspot.com trimaksih

Marliana mengatakan...

terima kasih, sangat bermanfaat untuk pembelajaran menulis resensi buku pengetahuan....

Posting Komentar